11 Tempat Wisata di Gunung Kidul Jogja/ Yogyakarta

Gunung Kidul merupakan salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang menawarkan objek wisata alamnya yang menawan. Letaknya yang berada di sebelah tenggara Kota Yogyakarta membuat kawasan ini mempunyai pesona alamnya yang indah, seperti: rindangnya suasana pedesaan, aliran sungai bawah tanah, goa lembab, batuan kapur serta objek wisata lain yang bisa anda kunjungi.

Berikut ini kami rekomendasikan destinasi tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat berkunjung ke Gunung Kidul.

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglarenggan
Gunung Api Purba Nglarenggan ini berada di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Gunung Api ini berbentuk dari kapur sebagai hamparan yang memuat keindahan dari ketinggian 700 meter dari permukaan laut.
Gunung Api Purba Nglanggeran ini menawarkan bentangan alam yang tersusun dari material vulkanik. Diperkiranan sekitar 70 tahun lalu aktif dan menyemburkan meterial vulkaniknya.

2. Goa Pindul dan Sungai Oyo

Goa Pindul dan Sungai Oyo
Goa Pindul dan Sungai Oyo bisa anda jadikan wisata akhir pekan. Disana terdapat cave tubing atau susur gua yang berada di Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.
Anda bisa menikmati keindahan stalagmit dan stalagtit di dinding-dinding Goa Pindul. Suasananya yang sejuk membuat anda tidak terpikirkan untuk menyudahi wisata di Goa Pindul dan Sungai Oyo tersebut.

3. Goa Jomblang dan Kalisuci

Goa Jomblang dan Kalisuci
Goa Jomblang berada di Kecamatan Semanu Kabupaten Bunung Kidul Yogyakarta. Goa Jomblang tersebut juga pernah menjadi acara televisi di Amerika “Amazing Race” pada tahun 2011.

4. Pantai Indrayanti atau Pulau Syawal

Pantai Indrayanti atau Pantai Syawal
Pantai Indrayanti terletak di Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Indrayati disebut sebagai primadonanya pantai Gunung Kidul karena tak pernah sepi wisatawan. Pantai ini juga disebut sebagai pantai Pulang Syawal pada tahun 2009.

5. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal bisa anda temui di sebelah Pantai Indrayanti, sekitar 7 km dari Pantai Indrayanti. Di dekat pintu masuk Pantai Pok Tunggal terdapat pohon duras yang menjadi ikon tempat tersebut.

6. Pantai Timang

Pantai Timang
Pantai Timang berada jauh dari Pantai Indrayanti, sekitar 14 km. Wisata pantai ini bisa menjadikan anda tidak bisa membayangkan keindahan pantai laut selatan yang begitu luas.

7. Pantai Baron

Pantai Baron
Pantai Baron memiliki panorama laut yang sangat mempesona. Tak ayal jika banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke pantai tersebut untuk melihat keanekaragaman hayati yang dimiliki pantai tersebut.
Keberadaannya yang diapit oleh dua buah bukit pada sisi kanan dan kiri membuat pantai ini banyak akan wisata kulinernya. Diantaranya, terdapat banyak sekali masakan seafood dari lobster, bawal putih, ikan kakap sampai ikan tongkol.

8. Pantai Siung

Pantai Siung
Pantai Siung terkenal dengan panjat tebingnya yang menantang. Setidaknya ada 250 jalur pemanjatan yang bisa anda pilih. Selain itu, Pantai Siung juga memiliki hamparan pasir putih dan karang berukuran jumbo yang memanjakan mata pengunjung.

9. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Pantai Jogan merupakan salah satu pesona laut yang terdapat air terjun yang langsung jatuh ke Laut Jogan. Air terjun di Pantai Jogan ini memiliki tinggi 10 meter yang memiliki sumber air dari perbukitan karst/kapur di kawasan pantai Jogan.

10. Pantai Sundak

Pantai Sundak
Pantai Sundak berada di Desa Sidoharjo. Hampir sama dengan pantai lain di Gunung Kidul, namun Pantai Sundak memiliki hamparan pasir putih dan pantai yang sangat luas.

11. Pantai Krakal

Pantai Krakal
Pantai Krakal memiliki garis pantai terpanjang dibanding pantai lainnya di Gunungkidul. Pasir putih dan garis pantai menjadi andalan Pantai Krakal ini menarik wisatawan untuk berkunjung.

Itulah 11 tempat wisata di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta yang bisa anda kunjungi bersama teman, pacar serta keluarga. Sebaiknya anda berkunjung waktu cuaca sedang kemarau. Dan jangan lupa mampir ke angkringan di Yogyakarta.

0 Response to "11 Tempat Wisata di Gunung Kidul Jogja/ Yogyakarta"

Post a Comment