12 Tempat Wisata Terkeren di Sleman Yogyakarta

Kabupaten Sleman merupakan bagian dari Provinsi Yogyakarta yang banyak terdapat tempat wisatanya. Mulai dari wisata alamnya yang menawan, wisata sejarahnya yang monumental, wisata bermain serta wisata menarik lainnya. 
Potensi wisata tersebut bisa dijadikan acuan bagi para wisatawan yang hendak berlibur menuju Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kami akan mereferensikan objek/tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi saat berlibur ke Sleman Yogyakarta ini.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan sudah banyak dikenal oleh para wisatawan, baik lokal maupun international. Candi peninggalan Agama Hindu ini sudah berdiri sejak abad ke 9 ini sudah banyak melewati peradaban di Nusantara. Selain itu, Candi Prambanan sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.
Mitos-mitos terkait dengan pembuatan candi tersebut sangatlah erat dengan keberadaan Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Ada hal yang unik untuk dipelajari, yaitu setiap hari jum’at selalu ramai dikunjungi para magis untuk dijadikan bersemedi atau sebagainya.

2. Candi Kalasan

Candi Kalasan
Candi Kalasan merupakan candi tertua peninggalan Agagma Hindu di Nusantara. Candi Kalasan sendiri terletak di Desa Tirtomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Yogyakarta. Candi Kalasan berada di dekat Candi Prambanan, namun destinasi Candi Kalasan sendiri terbilang kurang begitu diminati para wisatawan.

3. Candi Boko

Candi Boko
Candi Boko merupakan bekas kerajaan Ratu Boko atau ayah dari Roro Jonggrang. Candi yang berada dekat dengan Candi Prambanan ini berada di Desa Bokoharjo dan Desa Sambireja Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Yogyakarta.
Selain Candi Prambanan, Candi Boko juga telah diajukan kepada UNESCO untuk dijadikan warisan dunia selanjutnya di Indonesia.

4. Kaliurang

Kaliurang
Kaliurang merupakan wisata alam yang menawarkan beberapa wahana menarik bagi wisatawan, seperti Teropong Gunung Merapi, agrowisata, arena permainan dan panggung hiburan. Kaliurang termasuk kawasan dengan nuansa alamnya yang sejuk dan eksotis. Benar saja, jika banyak sekali wisatawan luar daerah selalu menyematkan diri menghampiri wisata tersebut.

5. Monumen Yogya Kembali

Monumen Yogya Kembali (Monjali)
Monumen Yogya Kembali disingkat dengan Monjali. Monumen ini dibangun sebagai peringatan terhadap jasa pahlawan yang gugur pada perang umum tanggal 1 Maret 1949 melawan Belanda. Akhirnya serangan ini berakhir pada tanggal 29 Juni 1949.

6. Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana
Sendratari Ramayana sebagai pertunjukan seni drama dan tari berkisah tentang Ramayana. Pertunjukan tersebut biasanya diadakan secara terbuka di Kawasan Candi Prambanan, namun jika cuaca tidak memungkinkan biasanya oleh panitia diadakan di dalam ruangan Trimurti.
Daya tarik itulah yang membuat wisatawan internasional melirik Sendratari Ramayana sebagai tempat persinggahan wisata mereka.

7. Goa Jepang

Goa Jepang
Goa Jepang terdapat di Desa Jogotirto Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman Yogyakarta. Dahulu, goa ini dijadikan sebagai bunker pertahanan dimasa penjajahan Jepang.

8. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Museum Gunung Merapi terletak di Desa Harjobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Yogyakarta. Museum Gunung Berapi dibangun atas meletusnya Gunung Merapi yang sudah ribuan tahun aktif tersebut. Selain itu, di dalam museum tersebut diajarkan tertang sejarah dan penanggulangan akbibat meletusnya Gunung Merapi.

9. Museum Dapur Tradisional

Museum Dapur Tradisional
Di Museum Dapur Tradisional terdapat koleksi unik dan tradisional peralatan dapur sejak zaman dahulu. Tempat ini dijadikan sebagai media pembelajaran bagi masyarakat modern dalam menitik tilas peradaban pada masa dahulu.

10. Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala
Museum Dirgantara Mandala memiliki berbagai jenis pesawat bersejarah, serta persenjataan pesawat terbang di Indonesia. Museum Dirgantara Mandala ini berada di dekat Lanud Adisucipto.

11. Kinahrejo Maridjan

Kinahrejo Maridjan
Kinahrejo adalah Dusun dimana mbah Maridjan dahulu tinggal. Namun, Dusun Kinahrejo tersebut sudah tidak ada lagi dikarenakan tertutup oleh material Gunung Merapi. Di sana, terdapat aneka macam souvenir khas masyarakat sekitar yang bisa anda dapatkan dan berbagai macam makanan khas warga Sleman Yogyakarta.

12. Museum Affandi

Museum Affandi
Museum Affandi adalah tempat didokumentasikannya karya maestro terkenal Juki Affandi. Bagi para pecinta seni, Museum Affandi menjadi salah satu tempat paling favorit yang bisa mereka dapatkan.

0 Response to "12 Tempat Wisata Terkeren di Sleman Yogyakarta"

Post a Comment