12 Tempat Wisata Keren di Bantul Yogyakarta

Provinsi Yogyakarta mempunyai banyak sekali panorama pemandangan alam yang indah. Salah satunya di Kabupaten Bantul, dengan banyaknya kebudayaan daerah yang masih kental membuat Bantul begitu sangat menarik untuk dijadikan tempat berwisata.
Banyaknya biro perjalanan yang menawarkan wisata ke Bantul Yogyakarta ini semakin membuatnya tak pernah sepi dari para wisatawan. Untuk itu, kami akan memberikan wacana tempat wisata di Bantul untuk anda kunjungi.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Kabupaten Bantul sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, sehingga menjadikan pantai parangtritis ini terkenal dengan ombaknya yang besar. Selain itu, pantai parangtritis juga sering dijadikan tempat ritual bagi Nyi Roro Kidul oleh pihak 
Keraton Yogyakarta.
Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Disana, anda bisa menikmati angin pantai disertai hamparan pasir putih. Anda juga bisa menaiki andong yang disediakan oleh para pengelola Pantai Parangtritis.

2. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusuma
Pantai Parangkusumo terdapat di sebelah pantai Pantai Parangtritis, yakni di Bantul Yogyakarta. Selain panorama pantai yang menyerupai Parangtritis, pantai Parangkusumo juga disebut-sebut sebagai tempat ritual atau untuk bermeditasi.

3. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara sebenarnya masih kalah dengan pantai populer lainnya di Bantul Yogyakarta. Namun, pantai ini memiliki banyak sekali pohon cemara yang bisa anda gunakan untuk berteduh. Dikarenakan masih kurang ramai pengunjung, membuat pantai ini selalu bersih daripada pantai lainnya.

4. Pantai Samas

Pantai Samas
Pantai Samas terdapat di Kecamatan Senden Kabupaten Bantul Yogyakarta. Lokasinya yang berjarak 25 km dari arah selatan Kota Yogyakarta ini terdapat mercusuar yang dipergunakan untuk tempat navigasi bagi para nelayan.

5. Air Panas Parang Wedang

Air Panas Parang Wedang
Pemandian Panas Parang Wedang berbeda dengan pemandian air panas pada umumnya, melainkan berada di tepi pantai Parangtritis.

6. Kids Fun Park Bantul

Kids Fun Park Bantul
Kids Fun termasuk wisata keluarga yang berupa taman bermain anak-anak. Kids Fun sendiri terletak di Jalan Wonosari Km 10 Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul. Terdapat banyak sekali wahana permainan yang bisa anda nikmati, seperti Gokart, Bumper Car, Flying Fox, Kolam Renang, Swinger dan sebagainya.

7. Balong Waterpark

Balong Waterpark
Taman bermain anak-anak lainnya juga terdapat di Balong Waterpark. Balong Waterpark terdapat di  Jalan Pleret Km 1,5 Balong Potorono, Bantul.

8. Taman Wisata Tirta Tamansari (Waterbyur Bantul)

Tirta Tamansari (Waterbyur)
Taman Wisata Tirta Tamansari di Bantul (Waterbyur Bantul) ini menyediakan kolam renang serta fasilitas outbound. Lokasinya berada di Jalan Wijaya Kusuma No. 180 Niten Trirenggo Bantul Yogyakarta.

9. Goa Cerme

Goa Cerme
Pemandangan stalagtit dan stalagmit akan anda temui di Goa Cerme. Goa yang memiliki panjang 1,5 km dari Kabupaten Gunung kidul ini berada di Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul.

10. Goa Selarong

Goa Selarong
Selain wisata hiburan, Bantul juga memiliki tempat wisata religi yang berada di Dukuh Kembangputihan Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul. Goa Selarong sebagai tempat bersemedi Pangeran Diponegoro, kemudian digunakan untuk markas besar perang gerilya melayan Hindia Belanda.

11. Makam Imogiri Yogyakarta

Makam Imogiri
Makam Imogiri mempunyai nama lain, seperti Pasarean Imogiri dan Pajimatan Girirejo. Menurut sejarah, Pemakaman Imogiri ini dibangun oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo pada tahun 1632.

12. Masjid Agung Kotagede Yogyakarta

Masjid Gede Kotagede
Masjid tertua di Yogyakarta terdapat di Kotagede Bantul. Nilai historisnya yang luar dimulai dari Kerajaan Mataram hingga sekarang. Masjid sendiri dibangun pada tahun 1640-an oleh Sultan Agung.

1 Response to "12 Tempat Wisata Keren di Bantul Yogyakarta"