7 Tempat Wisata Terindah di Kulon Progo Yogyakarta

Kulon Progo terletak di sebelah barat Provinsi Yogyakarta. Selain Sleman, Bantul dan Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo mempunyai banyak sekali tempat/objek wisata menarik yang sudah banyak dikenal masyarakat.
Letaknya yang dikelilingi perbukitan, membuat Kulon Progo ramai dikunjungi wisatawan yang menyukai tantangan. Jalan berliku dan naik turun telah menjadikan daerah tersebut kaya akan wisata alamnya yang menarik. Berikut ini tempat wisata yang kami rekomendasikan untuk anda.

1. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo merupakan wilayah tertinggi dari Perbukitan Menoreh yang letaknya paling tinggi diantara bukit lainnya. Dari ketinggian inilah, anda bisa menikmati luasnya Provinsi Jogja yang begitu luas, mulai dari Bantul, Kulon Progo, Sleman dan Gunung Kidul. Bahkan anda bisa melihat dengan jelas Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Ungaran dan Candi Borobudur.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Grojogan Sewu
Grojogan Sewu terletak di Desa Jatimulyo Kabupaten Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Dalam bahasa indonesia, Grojogan Sewu mempunyai maksud “Air Terjun Seribu”.
Wisata alam berupa air terjun ini terdapat di Perbukitan Menoreh. Walaupun musim kemarau, air terjun ini tidak pernah kering. Begitu juga saat musim penghujan, air terjun Grojogan Sewu selalu jernih dan indah.

3. Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru
Wisata Alam Kalibiru terdapat di Desa Hargowilis Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Dalam bahasa indonesia, Kalibiru mempunyai arti “Sungai Biru”. Kalibiru sendiri bukanlah sungai yang berwarna biru, namun wisata alam yang menyajikan pemandangan alam dari atas bukit Menoreh.
Di sini, anda bisa menikmati pemandangan alam Kulon Progo dan keindahan Waduk Sermo. Wahana yang bisa anda nikmati diantaranya, outbound dan Flyingfox.

4. Waduk Sermo

Waduk Sermo
Waduk Sermo merupakan tempat wisata berupa waduk besar yang dikelilingi perbukitan yang sejuk. Waduk Sermo sendiri berada di Desa Hargowilis Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Anda akan dimanjakan suasana alam ala Kulon Progo yang dikelilingi perbukitan sejuk dan indah.

5. Air Terjun Curug Setawing

Curug Setawing
Curug Setawing berada di salah satu perbukitan Menoreh yang letaknya di Desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.
Walaupun Curug Setawing tebrbilang baru, tetapi pengunjung yang datang sudah semakin banyak, apalagi di waktu liburan sekolah/kerja.

6. Waduk Mini Kleco

Waduk Mini Kleco
Waduk Mini Kleco ini terletak di Desa Giripurwo Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Dinamakan waduk Mini Kleco karena waduk ini berukuran kecil dan baru diresmikan pada tahun 2014 lalu.

7. Waduk Mini Kalibawang (Embung Banjaroya)

Waduk Kalibawang/ Embung Banjaroya
Wisata alam Waduk Mini Kalibawang atau biasa disebut Embung Banjaroya ini baru diresmikan pada tahun 2014 lalu. Terletak di Desa Banjaroya Kecamatan Kalibawang Kulonprogo Yogyakarta membuatnya mendapat hati di mata wisatawan.

Keindahan alam dan berlatarkan Gunung Merapi menjadikan Waduk Embung Banjaroya sangat diminati para wisatawan, baik lokal maupun asing.

0 Response to "7 Tempat Wisata Terindah di Kulon Progo Yogyakarta"

Post a Comment