27 Tempat Wisata Paling Menarik di Bandung

Bandung atau biasa disebut Kota Kembang memiliki banyak sekali tempat wisata atau rekreasi alam yang sangat indah. Hal itulah yang menjadikan Ibukota Jawa Barat ini termasuk kawasan destinasi wisata akhir pekan terfavorit bagi warga Jawa Barat, Jakarta dan sekitarnya. 
Mulai dari pesona alam, kuliner, budaya dan wahana permainan yang mengundang detak kagum bagi para wisatawan. Iklim sejuk ala pegunungan membuat para pelancong tidak bisa berkata apa-apa kecuali menikmati keindahannya. Budaya masyarakat yang santun memberikan nilai pergaulan kemasyarakatan semakin melengkapinya. Mari, kunjungi dan rasakan keasriannya Kota Bandung.

1. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu
Dikarenakan bentuk gunung yang menyerupai perahu terbalik, maka oleh masyarakat Lembang dinamakan Tangkuban Perahu. Bentuk unik tersebut menurut legenda berasal dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang. Maka tak heran jika para pelancong mewajibkan diri untuk berkunjung ke Tangkuban Perahu tersebut.

2. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Salah satu tempat terlaris di Bandung selain Tangkuban Perahu adalah Kawah Putih Ciwidey. Bagi para pecinta wisata alam, Kawah Putih Ciwidey menjadi tempat favorit kedua setelah Tangkuban Perahu.
Sesuai dengan namanya, kawah ini berbentuk vulkanik dan mempunyai tanah berwaran putih. Keunikan kawah ini terletak pada airnya yang selalu berubah warna tergantung musim.

3. Cihampelas Walk

Cihampelas Walk
Ciwalk adalah singkatan dari Cihampelas Walk. Kawasan wisata ini mempunyai konsep pembelanjaan yang dikemas menjadi wahana alam. Udara yang sejuk dan keramah tamahan masyarakat sunda menjadikan suasana kekerabatan sangatlah kental. Tak pelak jika para pelancong menjadikan Ciwalk ini menjadi tempat favorit untuk sekedar makan bersama atau reuni.

4. Kebun Binatang Bandung


Kebun Binatang Bandung
Destinasi wisata Bandung yang populer lainnya ada di Kebun Binatang. Selain harga yang murah, Kebun Binatang ini juga mempunyai banyak sekali aneka ragam flora dan fauna.
Arealnya yang sejuk dan rimbun berlangitkan dedaunan sangat melindungi satwa dan menjaga anak-anak dari terik panas matahari. Ditambah lagi ketika tiba masa liburan, anak-anak beserta orang tua selalu mengunjunginya untuk menambah wawasan untuk para buah hatinya. Maka rugi sekali jika hanya berwisata tapi tak memberikan dampak apa-apa.

5. Trans Studio Bandung


Trans Studio Bandung
Nama Trans Studio Bandung berasal dari “Bandung Super Mall” karena dulunya berlokasi dan menyatu dengan Trans Studi Mall. Dan kini lebih dikenal dengan nama Trans Studio Bandung.
Dufan (Dunia Fantasi) dalam ruangan termasuk kawasan permainan ruangan terbesar di Dunia. Untuk tiketnya 150 ribu (Senin-Jum’at) dan 250 (Sabtu Minggu).
Kalau anda dari luar daerah Bandung, anda bisa menginap di Hotel yang disediakan oleh Trans Studio Bandung.

6. Museum Konferensi Asia Afrika


Museum Konferensi Afrika atau KAA
Museum KAA (Konferensi Asia Afrika) menjadi sebuah kenangan dunia yang tak bisa terlupakan. Sejak terselenggaranya pada tanggal 18-24 April 1955 silam dengan sebutan Dasa Sila Bandung ini, yakni sebuah pedoman bangsa-bangsa terjajah di Dunia dalam perjuangan memperoleh kemerdekaan (Khusunya Asia Afrika).
Dirancang arsitektur Art Deco menjadikan tempat tersebut menjadi kebanggan warga Banfung. Berbahan dasar marmer di lantai yang didatangkan langsung dari Italia, serta ruangannya terbuat dari kayu Cikenhout yang terkenal kuat dan berpenerangan lampu kristal.

7. Museum Sri Baduga


Museum Sribaduga
Sejarah alam berbudaya Jawa Barat serta perkembangan sampai perubahannya ada di sini. Gambaran tentang semua kisah klasik Jawa Barat sangatlah kental dan pantas menjadi ilmu pengetahuan tersendiri untuk kawula muda.
Setidaknya terdapat sekitar 5.367 buah koleksi Musem Sri Baduga yang bisa anda lihat. Koleksi replika, miniatur foto dan berbagai koleksi museum tersebut pantas anda jadikan referensi liburan mendatang.

8. Curug Dago


Curug Dargo
Air terjun ini terletak di Coblong, Dago, Bandung. Walaupun Curug Dago tidak terlalu tinggi (Sekitar 10 meter), namun air terjun tersembunyi ini sangatlah indah dan menarik anda lihat.

9. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani


Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani
Tepat di jantung Kota Bandung terdapat Taman indah nan sejuk ala Bandung yang dinamai Ade Irma Suryani. Taman yang banyak menjadikan anak-anak bisa bermain bersama dan belajar membaca rambu-rambu lalu lintas.
Menikmati pengalaman berlalu lintas mini dengan sepeda atau kendaraan mini menjadi hal yang tak bisa anda lupakan. Apalagi untuk anak-anak yang sedang dalam tumbuh kembangnya.

10. Pasar Baru


Pasar Baru Trade Center
Bagi anda yang menyukai belanja murah meriah, bisa datang langsung ke Pasar Baru. Anda akan menemukan banyak sekali barang-barang keren yang sangat murah.
Tentunya anda juga harus pintar dan sabar dalam penawaran, apalagi tingkat kesabaran orang Sunda terkenal kuat.

11. Observatorium Bosscha


Observatorium Bosscha
Tempat pengamatan bintang ini berada di Lembang, sebelah utara Kota Bandung. Tempat ini sering dijadikan kiblat para ahli falaq untuk meneropong hilal pada saat ramadhan dan Syawal.
Anda tidak bisa langsung masuk begitu saja, namun ada prosedur yang mewajibkan anda menunggu beberapa hari untuk mendaftar.

12. Kolam Renang Karang Setra


Kolam Renang Karang Setra
Kolam renang tercatat sebagai kolam renang terluas se-Asia Tenggara diresmikan oleh Presiden ke-1 Indonesia Soekarno pada tahun 1954. Berdiri di atas lahan seluas 6 hektar membuat Wisata ini mampu memuat ribuan orang dalam waktu sehari.
Terdapat banyak sekali wahana permainan yang bisa anda mainkan, seperti Kolam Prestasi, Waterboom, Kolam Naga, Aqua Play, Kolam Pantai, Water Ball, Space Ball, Bungge Trampoline, Banteng Ngamuk, Ruang Gempa dan masih banyak lagi wahana asyik lainnya.

13. Danau Situ Patenggang


Danau Situ Panggeang
Pemandangannya yang eksotis membuat  Danau Situ Patenggang menjadi wisata dengan keramaian tak terbatas hari. Baik hari libur maupun hari kerja tak menyurutkan wahana ini selalu ramai pengunjung.
Anda bisa menikmati danau dan bermain perahu untuk melepaskan kepenakan di kepala. Selain itu, untuk harga masuknya murah sekali.

14. Kampung Gajah


Kampung Gajah
Sebuah wisata terpadu Kampung Gajah ini berada di utara Kota Bandung. Ada beberapa jenis wisata bisa anda temukan, mulai wisata belanja, wisata kuliner, hingga berbagai jenis permainan air dan darat dapat anda temukan di Kampung Gajah.

15. Taman Wisata Alam Maribaya


Taman Wisata Alam Marabaya
Taman Wisata Alam Maribaya ini mempunyai Curug berketinggian 25 meter. Ikon itu menjadi daya tarik sendiri bagi pelancong menikmati liburannya. Setelah berbagai wisata di Bandung penuh, biasanya Maribaya menjadi tujuan mereka karena sepi dan sunyi sejuk.
Keindahan air terjun, kolam pemandian air panas, alam dan sajian kuliner lokal yang membuat kita betah berlama-lama disana.

16. Air Panas Ciater


Air Panas Ciater
Di Bandung, wisata Air Panas Ciater sangatlah ramai pengunjung. Hawa dingin sejuk Bandung membuat Air Panas akan membuat meregangkan seluruh badan.
Sumber dari Air Panas Ciater sendiri berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Maka tak heran jika air panas tersebut bisa membuat badan kembali fit setelah berbagai aktifitas.

17. Rumah Mode


Rumah Mode
Rumah Mode yang paling terkenal ini berlokasi di Jalan Setiabudi Bandung. Outlet terbesar, terlengkap, dan teramai ini besuasanakan bersih, nyaman dan murah. Sehingga mereka yang suka belanja akan sangatlah betah.

18. Saung Angklung Udjo


Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan tempat pertunjukan seni dan budaya edukatif. Seni dan budaya dari Jawa Barat ini mempunyai ciri khas, mulai dari alat musiknya dari bambu.
Ada beberapa budaya dan seni yang masih dimainkan, diantaranya wayang golek, helaran, tari topeng dan orkestra angklung.

19. Museum Geologi Bandung


Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung berlokasi di Jalan Diponegoro, dekat dengan Gedung Sate. Seperti selayaknya sebuah museum, Museum Geologi Bandung adalah sumber ilmu yang cocok untuk anak-anak. Selain sebagai sumber ilmu, Museum Geologi Bandung juga sangat menyenangkan bagi anak-anak karena di sini mereka dapat melihat fosil dinosaurus. Untuk masuk ke Museum Geologi Bandung anda tidak perlu membayar mahal.

20. Kawasan Punclut


Kawasan Punclut
Kota Bandung bisa anda lihat dengan mata telanjang hanya dengan pergi ke Kawasan Punclut. Kawasan yang mempunyai tinggi sekitar 1.000 mdpl ini terasa sangat dingin dan menyegarkan.
Ke-eksotisan Kota Bandung begitu mempesona terlihat dimalam hari, lebih-lebih kuliner lokal berbentuk lesehan tak akan membuat anda bosan untuk kembali lagi menikmatinya.

21. Kebun Bunga Cihideung


Kebun Bunga Cihideung
Ragam jenis bunga yang diumbuhkembangkan di Kebun Bungan Cihideung ini banyak sekali. Mulai dari bunga krisan, mawar, gladiol, aster dan masih banyak lagi lainnya.
Bagi anda yang suka keindahan bunga, tak boleh ketinggalan untuk datang ke tempat indah nan wangi ini.

22. De’Ranch


De'ranch Lembang Bandung
Kegembiraan berkuda ala cowboy untuk anak-anak membuat orang tua juga ikut senang. Selain itu, banyak juga kegiatan wisata populer di sana yang bisa jadi referensi keluargamu, misalnya naik delman, fun boat, panahan, gold hunter, dan lain sebagainya.

23. Perkebunan Teh Rancabali


Kebun Teh Rancabali
Perkebunan Teh Rancabali dengan panorama khas kebun teh, berbukit dan jalan berkelok membuat tubuh anda segar kembali. Ditambah lagi, perbukitan hijau yang tak bisa didapatkan di kota Jakarta membuatmu tak ingin kembali ke Jakarta.
Berlatar pegunungan bisa juga anda jadikan foto bersama keluarga atau sanak family lainnya.

24. Pemandian Air Panas Ciwalini


Air Panas Ciwalini
Menikmati sensasi berendam di kolam air panas Ciwalini membuat efek yang menyehatkan tubuh anda. Kejernihan air panas ini tak ada sama sekali aroma belerang.
Disini, disediakan dua kolam pemandian air panas, yaitu kolam pemandian untuk dewasa dan untuk anak-anak. Ada pula privasi pemandian bagi anda yang ingin menikmatinya sendiri tanpa ada yang mengganggu.

25. Paskal Food Market


Paskal Food Market
Tempat wisata Paskal Food Market termasuk pusat wisata kuliner Bandung dengan jumlah kios makanan sangat banyak. Lebih dari 1.000 menu makanan dan minuman. Paskal Food Market juga atermasuk pusat kuliner terbesar di Bandung.

26. Kebun Strawberry Ciwidey


Kebun Strawberry Ciwidey

Berjalan-jalan di Kebun Strawberry Ciwidey sangatlah asyik, selain anda menikmati pemandangan, anda juga diberikan hak untuk memetik buah hasil panenan.
Kalau anda berniat kesana, lebih baik datang pas musim kemarau karena buah strawberry akan sangat nikmat. Berbeda dengan musim penghujan yang terlalu banya air hujannya.

27. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Ranca Upas
Ranca Upas berada pada ketinggian 1.700 meter dpl. Tempat ini sangat favorit untuk dijadikan perkemahan. Jika anda berencana berkemah, tempat ini bisa menjadi referensi anda di Bandung.

0 Response to "27 Tempat Wisata Paling Menarik di Bandung"

Post a Comment